Klasifikasi Jaring Insang (Gill net)

1.    Berdasarkan Letak Alat Dalam Perairan Jaring insang dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) macam yaitu : a.    Jaring insang permukaan...

1.    Berdasarkan Letak Alat Dalam Perairan
Jaring insang dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) macam yaitu :
a.    Jaring insang permukaan (surface gill net)
b.    Jaring Insang pertengahan (midwater gill net)
c.    Jaring insang dasar (bottom gill net)

2.    Berdasarkan Kedudukan Alat Waktu Dipasang
a.    Gill net hanyut

Gill net hanyut maksudnya adalah gill net yag setelah  dipasang di suatu perairan, dibiarkan saja hanyut terbawa oleh arus. Dalam hali ini biasanya  gill net diikatkan juga pada kapal yang tidak dijangkar, agar hanyutnya jaring tidak terlalu cepat  dikarenakan arus.   
 
b.    Gill net Tetap
Yang dimaksud gill net tetap adalah gill net setelah dipasang dari suatu perairan dbiarkan menetap pada gill net tersebut dipasang. Dalam hal ini kadang-kadang jaring diberi jangkar atau diikatkan pada suatu tempat yang tetap. Gill net tetap pada umumnya adalah jenis gill net dasar. Oleh karena itu, pengoperasian gill net ini memerlukan syarat yaitu dasar perairannya yang tidak berkarang.

3.    Berdasarkan bentuk Alat Waktu Dioperasikan
a.    Gill net melingkar

Gill net melingkar adalah jaring insang yang cara pengoperasiaannya dengan cara dilingkarkan pada sasaran tertentu yaitu kawanan ikan. Kawanan ikan tersebut dikumpulkan dengan menggunakan alat bantu sinar lampu. Setelah kawanan ikan terkurung kemudian dikejutkan dengan suara (memukul-mukul bagian perahu) sehingga ikan akan tercerai berai dan tersangkut di jaring.   
         
b.    Gill net mendatar 

4.    Berdasarkan Jumlah Lembaran Jaring
a.    Gill net rangkap
1)    Gill net rangkap tiga (trammel net)

    Gill net rangkap tiga (trammel net) juga biasa disebut jaring gondrong, jaring tilek, jaring kantong, jaring ciker, dan jatilap (jaring tiga lapis). Seperti namanya jaring ini terdiri dari 3 lapis, yaitu 2 lapis yang diluar memiliki mata jaring lebih besar sedang yang di dalam memiliki mata jaring yang lebih kecil dan dipasang agak longgar. Dalam pengoperasiaannya jaring ini dapat diset di dasar maupun dihanyutkan. Ikan-ikan yang tertangkap karena terpuntal (entangied).
  
2)    Gill net rangkap dua (Jalapdu/ Double Nets)
        Gill net rangkap dua merupakan jaring yang memiliki dua lapis dengan mata jaring besar pada lapis pertama dan mata jaring kecil pada lapis kedua. Seperti halnya gill net rangkap tiga, ikan-ikan tertangkap dengan cara terpuntal.
b.    Gill net tunggal
Yang termasuk klasifikasi gill net tunggal adalah gill net permukaan, gill net pertengahan, dan gill net dasar.

COMMENTS

BLOGGER: 2

Name

About The Sea,5,Aneh-aneh aja,1,Aquaculture( Budidaya Ikan lele),11,Aquaculture( Budidaya Ikan Mas),1,Aquaculture( Budidaya Ikan Nila),1,Aquaculture( Budidaya Udang vaname),1,BBI,4,budidaya belut,2,budidaya ikan gurame,5,budidaya ikan lele,20,budidaya ikan mas,4,budidaya ikan nila,6,budidaya ikan patin,2,budidaya udang vaname,2,Pakan Ikan Alternatif,2,Transaksi Keboen Ikan,59,
ltr
item
KEBOEN IKAN: Klasifikasi Jaring Insang (Gill net)
Klasifikasi Jaring Insang (Gill net)
http://2.bp.blogspot.com/-ppGDUZugUWw/TxBxFZuEH4I/AAAAAAAAAeo/17SE6sfYV_A/s320/1.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-ppGDUZugUWw/TxBxFZuEH4I/AAAAAAAAAeo/17SE6sfYV_A/s72-c/1.jpg
KEBOEN IKAN
http://www.keboen-ikan.com/2012/01/klasifikasi-jaring-insang-gill-net.html
http://www.keboen-ikan.com/
http://www.keboen-ikan.com/
http://www.keboen-ikan.com/2012/01/klasifikasi-jaring-insang-gill-net.html
true
3382524801032928085
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content