Kenapa Hari ini diperingati sebagai hari air sedunia....

Tahukah Anda tentang Hari Air Sedunia? Hari yang dirayakan seluruh warga dunia setiap tanggal 22 Maret, semenjak dicanangkan oleh WHO pad...


Tahukah Anda tentang Hari Air Sedunia? Hari yang dirayakan seluruh warga dunia setiap tanggal 22 Maret, semenjak dicanangkan oleh WHO pada tahun 1992 ini, mungkin memang tidak setenar hari AIDS atau Earth Day, tapi tidak kalah pentingnya. Hari Air Sedunia merupakan hari dimana kita mengingat betapa pentingnya persediaan air minum yang bersih dan aman, dan sekaligus menyadari bahwa masih banyak orang di dunia ini (kira-kira 20% dari populasi dunia) yang tidak memiliki akses air minum bersih.

Sayang sekali, walaupun didukung oleh WHO dan berbagai LSM seantero dunia, Hari Air Sedunia masih kurang dikenal. Mungkin Anda sendiri baru pertama kali ini mendengar tentang hari penting ini. Padahal masalah kekurangan air bersih merupakan masalah yang lekat dengan keseharian sebagian besar masyarakat di Indonesia. Di Jakarta saja, sekitar 700.000 pelanggan air bersih PAM mengalami masalah pasokan saat musim kemarau tahun lalu. Tidak hanya pelanggan PAM, beberapa rumah tangga yang mengandalkan air tanah untuk kebutuhan airnya pun mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Selain musim kemarau yang mengakibatkan penurunan persediaan air bersih, pasokan airpun terancam masalah pencemaran limbah sampah rumah tangga dan industri.

Terkadang air yang tersedia hanya air asin atau air keruh bahkan berbau. Dapatkah Anda membayangkan tidak memiliki air bersih untuk diminum? Anda tahu untuk menjaga kesehatan dan tubuh berfungsi baik dan benar, kita harus minum minimal 8 gelas air sehari. Dan bukan sembarangan air tentunya, tetapi air murni, karena hanya air murni yang dijamin tidak mengandung zat pencemar yang dapat membuat Anda sakit. Rumah tangga yang mengalami krisis air bahkan tidak memiliki cukup air untuk mandi atau mencuci pakaian, terlebih lagi untuk memenuhi kebutuhan air minum.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan pada Hari Air Sedunia tahun ini? Anda dapat mulai dari langkah kecil dengan mengajarkan keluarga Anda pentingnya air minum murni dan betapa banyaknya orang yang tidak memiliki akses air minum murni. Dengan begitu, Anda menanamkan kebiasaan meminum air murni dan juga apresiasi akan beruntungnya mereka karena mudah mendapatkan akan air minum murni. Untuk kegiatan yang sedikit lebih besar, mungkin Anda dapat mengorganisir kegiatan amal di daerah perumahan atau kantor Anda dan menggalang donasi air minum murni botolan. Anda kemudian dapat menyalurkan botol yang terkumpul tersebut ke daerah-daerah yang membutuhkan. Anda juga dapat mengadakan kerja bakti untuk membersihkan sungai dan kali di sekitar rumah Anda. Anda bisa juga mencari-cari informasi melalui mailing list berbagai grup pencinta lingkungan hidup untuk mengetahui kegiatan mereka untuk memperingati Hari Air Sedunia. Sebagai contoh, pada Hari Air Sedunia tahun 2007 mahasiswa ITS menggelar aksi menyorot kondisi Sungai Kalimas yang sudah memprihatinkan. Mungkin saja tahun ini ada kegiatan serupa yang Anda dapat ikut serta.

Apapun kegiatan yang Anda pilih, entah itu kegiatan kecil seperti mengajarkan keluarga dan teman arti pentingnya Hari Air, atau kegiatan besar seperti mengorganisir donasi air murni botolan untuk disumbangkan, semuanya berarti. Jadi jangan lupa menandakan tanggal 22 Maret di kalendar Anda dan mulailah berpikir tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk memperingati hari penting ini.
sumber :www.luvin.co.id

COMMENTS

Name

About The Sea,5,Aneh-aneh aja,1,Aquaculture( Budidaya Ikan lele),11,Aquaculture( Budidaya Ikan Mas),1,Aquaculture( Budidaya Ikan Nila),1,Aquaculture( Budidaya Udang vaname),1,BBI,4,budidaya belut,2,budidaya ikan gurame,5,budidaya ikan lele,20,budidaya ikan mas,4,budidaya ikan nila,6,budidaya ikan patin,2,budidaya udang vaname,2,Pakan Ikan Alternatif,2,Transaksi Keboen Ikan,59,
ltr
item
KEBOEN IKAN: Kenapa Hari ini diperingati sebagai hari air sedunia....
Kenapa Hari ini diperingati sebagai hari air sedunia....
https://lh6.googleusercontent.com/-VvaamGM8VF4/TYhRXhwfBEI/AAAAAAAAALw/7hJWDyFFweA/s320/orange.jpeg
https://lh6.googleusercontent.com/-VvaamGM8VF4/TYhRXhwfBEI/AAAAAAAAALw/7hJWDyFFweA/s72-c/orange.jpeg
KEBOEN IKAN
http://www.keboen-ikan.com/2011/03/kenapa-hari-ini-diperingati-sebagai.html
http://www.keboen-ikan.com/
http://www.keboen-ikan.com/
http://www.keboen-ikan.com/2011/03/kenapa-hari-ini-diperingati-sebagai.html
true
3382524801032928085
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content